Sunday, November 6, 2011

the first day of sea games 2011 as volunteer ( Football - Lebak bulus area )

   Okee, perjuangan gw udah sejauh ini. Udah sampe dititik gw gak bisa mundur. Kalau gw inget - inget lagi, banyaaak aja rintangannya. Rintangan paling berat, yang pasti rasa males gw yang amat sangat besar adanya. hahaha. Perjuangan gw yang berdua riris, awal - awal tes di gor Sumantri. Perjuangan pulang - pergi nangor - Rawamangun ( velodrome ) sama marwah. Yang numpang nginep dikosan putri di depok, terus dari depok berangkat sendirian naik bis yang gw baru pertama kali naikin. hahahaha. Sampe yang awalnya ragu kira - kira worth it gak sih gw jalanin ini kalau gak ada nilainya, ya gak?
lebak bulus area before the first match
    Tapi berkat riris dan marwah yang terus dorong gw, jadi deh gw mendarat di lapangan bola lebak bulus. Gw yakin bgt, yakin 100 %. Tiap apa yang kita kerjain atau apapun yang dateng ke kita pasti ada hikmah dibalik semuanya. Contohnya, kemaren tgl 4 November 2011 briefing terakhir dilebak bulus satu hari sebelum pertandingan pertama yang sebelumnya briefing di gor velodrome Rawamangun. Gw mengajukan diri sebagai tim media center ( yang nanganin media ), karena apa? selain udah pasti kerjanya dapet bagian apa, gw juga kan bercita - cita sebagai jurnalist jadi gw merasa harus terjun langsung doong liat kegiatan liput - meliput. hehehe
    Dan ternyata dari setiap divisi yang dapet makan divisi media aja ( yaah, jadinya divisi media harus selalu dateng duluan ). See, kalau kita yakin pasti ada sesuatu yang menarik yang kita dapetin. Nah, terus lagi, divisi media dibagi lagi ke 4 kelompok ( media tribun, press confrence, photo masel dan pembagian rompi ke pers yang dateng ). Mungkin karena ada alesan lain atau mungkin karena latar belakang kuliah gw gak ada fikom nya gw ditempatin di media tribun. Media tribun itu terdiri dari 4 cewe, termaksud gw. Okee, awalnya gw sempet mikir apa nih kerjanya apa cuman pajangan aja? Jobdesk media tribun hanya ngasih tau arah ke pers - pers dan menegur kalau ada kamera di media tribun ( karena photografer dan liputan di lapangan ). Tapi ternyata gak sesimpel itu. Tetep aja ada yang bandel duduk sembarangan atau foto - foto.
the fisr match, Brunei - Timor leste
     Pertandingan pertama itu Brunei lawan Timor Leste. Awalnya Brunei unggul 1 - 0. Dibabak kedua berbalik Timor Leste menghajar dengan 2 - 1. Yang seru justru di pertandingan babak kedua. Selain dibabak pertama itu sepi penonton dan termaksud sepi supporter yang supporter dominan dari Timor leste, Lain dibabak kedua yang berlangsung Myanmar lawan Vietnam. Dua negara ini bener - bener kompak. Kompak susah pake bhs Inggris, sama - sama sipit dan sama - sama supporternya banyak. Dan lucunya supporter Myanmar dan Vietnam itu udah sangat - sangat heboh dengan segala tetek bengek atribut kenegaraan meraka, tapi hasil akhirnya seri.
      Gw gak akan terlalu banyak komen tentang bola disini, karena apa? Karena gw gak ngerti bola sebenernya. Tapi gw punya pengalaman yang bisa dibilang aneh, lucu dan gak bisa dilupain. Jadi, sebelum babak kesatu selesai, official beserta pubdoknya Myanmar udah dateng ke tribun. Dengan manisnya mereka bawa - bawa alat - alat buat "tempur" mereka. Udah beberapa orang negor tapi mereka ngeyel dan mereka bilang oke kita gak ngerekam. Berhubung gw berdiri dideket mereka, salah satu dari mereka nujuk - nunjuk kearah gw. Karena gw bawa - bawa starlist, gw kira dia minta itu. Tapi lo bisa bayangin? Ternyata dia ngomong " water" ( gw lagi megang botol air mineral ) kayak kena hipnotis langsung aja gw ngasih ke dia. Dan dia ketawa - ketawa dan langsung aja minum tuh air. hadeeeh. Tapi dia termasuk yang oke lhoo dibanding yang lain, secara dia satu - satunya yang gak sipit, terus mancung dan kuliatnya coklat. hahaha.
the second match, Myanmar - Vietnam
      Akhirnya sampe atasan tribun turun tangan, akhirnya Tim Myanmar itu pindah dan agak - agak sedikit kesel dan ada yang mukanya ngeluh gitu ke gw. Dan tau apa, ujung - ujungnya gw disuruh ngater si cowo yang minta air minum itu ke lapangan tempatnya para pers dan berdua aja. Singkat kata ternyata dia gak bisa bhs inggris, yaah kece - kece gak bisa bhs Inggris. hahaha. Terjadi lha dialog diantara gw berdua :
kita sebutnya aja dia sebagai si kece, oya selain itu dia bawa tripodnya dan gw disuruh bawain kameranya ( kamera buat ngeliput gt apa sih gw lupa namanya ;p )
Si kece : *&^%$
gw : ( dengan muka bego gw rasa sambil bawa - bawa kamera doi) sorry?
si kece : whats yer name? your name ( sumpah dia kayak lagi kumur - kumur ngomongnya )
gw : Ohya, my name? Fertina, my name's Fertina.
si kece : verdina?
gw : Fertina
si kece : oke, fertina. ( ngasih senyum maniiis bener daah )
gw : and what your name?
si kece : zhi *&^ $%& ( namanya susah bgt, gw udah usaha keras buat ingetin tapi tetep susah. nyerah deh gw )
gw : ( ngulang namanya, kesusahan )
si kece : zhi *& @@$%^ dan nyuruh gw repeat it and spell it.
gw : ( tetep susah nyebutin tapi tetep maksa nyebutin. hahaha )
si kece : (senyum senyum maniis bgt lagi, lalu ) (*&^%#@@#$%^
gw : sorry? ( lagi - lagi gw gak ngerti sumpaaaah, kayak bhs planet lain )
si kece : i say thank you
gw : ( muka gw pasti udh gak keruan ) okee, and i'm sorry for the uncomfortable.
si kece : cuman senyum manut lagi.
udah selesai percakapan singkat gw, abis dia nemuin spot dan benerin tripodnya terus masang kamera yang gw bawain dia ngusapin makasih ( gw ngerasanya gitu) pake bahasa doi dan gw jawab okeee. hahahaha. Ada - ada aja.Lucu juga sih kalau diinget - inget. Udah pas di tribun dia marah - marah mulu gara - gara gak boleh ngerekam ditribun terus minta minum mulu.Gw penasaran berapa yaa nilai pelajaran bhs Inggris dia dulu? hahahaha.
    Balik lagi ke pertandingan. Gw itu baru pertama kali lho nonton langsung pertandingan dan gw baru tau ternyata kalau dilapangan itu atlet - atletnya berisik juga yaa. Gw kira yang berisik itu kalau lagi main futsal aja. hahaha ( katro bgt ). Dan gw juga liat langsung gimana acting - actingnya para pemain bola. Bisa tuh kalau mereka udah gak bisa main lagi bisa jadi artis. Atau mesti bisa acting dulu kalau mau jadi pemain? ( hehehe, maaap lhooo ). Dan gw dapet pelajaran juga kalau jangan terlalu cepet ambil keputusan. Gw minta bareng sama bang iki tapi ternyata ada temen gw yang bawa mobil dan ternyata bis udah gak ada jadi deh naik taksi dan dibayarin bang iki. Sumpah gak enak gw, terlalu gegabah jadi orang.
    Bener - bener ini pengalaman pertama yang sangat sangat berharga buat gw. Ternyata bener kan apa aja yang kita kerjakan atau yang dateng sama kita pasti ada hikmahnya. Ini beru hari pertama masih ada beberapa hari lagi, kita liat apa hal - hal yang menarik yang akan gw dapet? Ayoo dukung sea games! dukung Indonesia ;) salam semangaaaaaat!!!

nb : liat juga gw Alfred riedl langsung. hahaha. doi juga ada di tribun.

No comments:

Post a Comment

die Gaeste

free counters